Blog Archives

Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2017/2018

Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2017/2018

Berdasarkan data dari Kemenkes RI, kebutuhan tenaga Perawat dan Bidan masih cukup tinggi, terlebih dengan akan diberlakukannya Pasar Bebas Asean pada akhir tahun 2015, maka kebutuhan tenaga kesehatan baik untuk kebutuhan di dalam maupun luar negeri akan semakin tinggi

 

Atas dasar itu, STIKes Medistra Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional, kembali membuka pendaftaran dan menerima Mahasiswa Baru untuk Tahun Ajaran 2017/2018

 

PROGRAM STUDI

A. ILMU KEPERAWATAN (S1) & PROFESI NERS /

DirjenDikti/3698/D/T/2008 dan Akreditasi LAM-PTKes No. 0081/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2015

Pendidikan S1 Keperawatan yang kemudian dilanjutkan dengan Pendidikan Profesi Ners merupakan pendidikan akademik profesional dengan proses pembelajaran yang menekankan pada tumbuh kembang kemampuan mahasiswa untuk menjadi seorang ilmuwan pemula dan tenaga profesional.

 

B. S1 ILMU KEPERAWATAN EKSTENSI /

DirjenDikti/3698/D/T/2008 dan Akreditasi LAM-PTKes No. 0081/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2015

Pendidikan S1 Ilmu Keperawatan Ekstensi merupakan lanjutan dari program D3 Keperawatan dilanjutkan ke Program Ners

C. KEBIDANAN (DIII) /

DirjenDikti/3698/D/T/2008 dan Akreditasi LAM-PTKes No. 0066/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2015

Pendidikan Diploma Kebidanan merupakan merupakan Pendidikan vokasional yang menghasilkan Bidan Pelaksana dengan gelar Ahli Madya kebidanan (Amd.Keb)

Lama Beban Studi

 ILMU KEPERAWATAN (S1) & PROFESI NERS / 

DirjenDikti/3698/D/T/2008 dan Akreditasi LAM-PTKes No. 0081/LAM-  PTKes/Akr/Pro/IX/2015

      Program Reguler 8 Semester (4 tahun) beban 150 SKS

      Program Ners 2 Semester (1 tahun) beban 36 SKS

      Program S1 Ilmu Keperawan Ekstensi 3 Semester ( 1,5 tahun)

ILMU KEBIDANAN (DIII) / Dirjen Dikti/3699/D/T/2008

DirjenDikti/3698/D/T/2008 dan Akreditasi LAM-PTKes No. 0066/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2015

      Program Reguler 6 Semester (3 tahun) beban 116 SKS

 

MATERI UJIAN MASUK

Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) & Profesi Ners

Program Studi DIII Kebidanan

 

 1. Ujian Tulis

    – Bahasa Indonesia

    – Bahasa Inggris

    – IPA Terpadu dan Matematika

2. Wawancara

3. Tes Kesehatan

 

SYARAT PENDAFTARAN

1. Membayar Biaya pendaftaran dan ujian seleksi Rp.250.000

2. Fotocopy Ijasah/Surat Tanda Lulus yang dilegalisir 2 lembar

3. Pas photo berwarna terbaru, Kebidanan background warna biru, Keperawatan warna merah

   2×3 = 2 lembar        3×4 = 2 lembar       4×6 = 2 lembar

4. SKCK

5. Tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan 155 cm untuk   laki-laki

6. Materai untuk keperawatan 3 lembar dan untuk Kebidanan 2 lembar

7. Mengikuti semua rangkaian seleksi

WAKTU PENDAFTARAN

Gelombang I   : Desember 2016 – Maret 2017

Gelombang II  : April – Juni 2017

Gelombang III : Juli – Agustus 2017

Pendaftaran pada jam kerja dari Senin – Jumat ( 08.00 – 16.30 WIB)

INFORMASI

– OFFICE          : 021 824 313 75 – 77

– HAINUN NISA : 0858 8352 4872 / 0877 8123 2899

– SINDA           : 0812 8461 8989

 

UNTUK BIAYA KULIAH DAPAT DILIHAT PADA MENU PMB 

Wisuda dan Angkatan Sumpah Program Profesi Ners Angkatan III

Wisuda dan Angkatan Sumpah Program Profesi Ners Angkatan III

Bekasi, 25 Februari 2016. Rasa gembira dan bahagia terpancar dari wajah para wisudawan dan wisudawati STIKes Medistra Indonesia, karena pada hari ini STIKes Medistra Indonesia mewisuda 30 orang wisudawan/wati dari Program Studi Profesi Ners Angkatan III Wisuda Angkatan XIV Tahun 2016 di Aula Kampus STIKes Medistra Indonesia. Lulusan ini terdiri dari Profesi Ners yang sudah menempuh perkuliahan 4 tahun di Sarjana Keperawatan dan 1 tahun di Program Profesi. Seperti biasa sebelum acara prosesi dilakukan dalam pembukaan acara selalu diawali dengan tarian pembuka, selanjutnya barisan prosesi wisudawan dan wisudawati dan Barisan prosesi senat STIKes Medistra Indonesia yang akan melakukan sidang senat terbuka.

 

Lulusan Terbaik pertama S1 Program Studi Profesi Ners dengan nilai IPK tertinggi 4,00 dengan predikat DENGAN PUJIAN an. Gilang Rahmatullah, S.Kep.,Ns asal dari Blanakan Subang  Lulusan terbaik kedua dengan nilai IPK 4,00 dengan predikat DENGAN PUJIAN an. Musa, S.kep.,Ns asal dari Kalimantan Barat dan Lulusan terbaik ketiga dengan nilai IPK 4,00 dengan predikat DENGAN PUJIAN an. Rupina Triponia, S.kep.,Ns asal dari Kalimantan Barat.

 

Wisuda ke XIV tahun 2016 melahirkan lulusan ke tiga Program Studi Program Profesi Ners sebanyak 30 orang. Dan pada kesempatan yang berbahagia ini Ketua STIKes Medistra Indonesia dan segenap civitas akademika menyampaikan Ucapan selamat disampaikan dalam Laporan   kepada seluruh wisudawan dan wisudawati, orang tua dan keluarga besar yang larut dalam kebahagiaan. Begitu juga dengan kehadiran Koordinator Kopertis wilayah III DKI Jakarta, Kepala dinas kesehatan Prov DKI Jakarta, Kepala PPNI Pusat, Kepala PPNI kota bekasi semakin lengkap prosesi wisuda Program Profesi Ners  STIKes Medistra Indonesia.

 

Wisudawan/wati secara resmi menjadi alumni STIKes Medistra Indonesia yang merupakan starting point untuk memulai perjalanan karier lulusan untuk terus belajar, memperdalam ilmu, meningkatkan pengalaman dan meluaskan jaringan. Keberhasilan lulusan di tentukan oleh 3 hal ; Knowledge, performance dan attitude dalam proses pembelajaran berwujud pembekalan soft skill untuk membentuk karakter dan kecerdasan spiritual, semoga apa yang sudah alumni dapatkan di bangku perkuliahan bisa di aplikasikan secara nyata dengan ketulusan hati serta semangat membangun pelayanan yang berguna untuk masyarakat luas. Amiiiin

 

SELAMAT, SUKSES dan Salam hangat Kami Kepada Program Profesi Ners STIKes medistra Indonesia.

Pelaksanaan Orientasi Pendidikan (ORDIK) Mahasiswa/i Baru T.A. 2016/2017

Pelaksanaan Orientasi Pendidikan (ORDIK) Mahasiswa/i Baru T.A. 2016/2017

Pendidikan di perguruan tinggi secara formal merupakan kelanjutan pendidikan menengah atas yang mempunyai perbedaan cukup mendasar. Perbedaan proses pembelajaran ini sejak awal harus diperkenalkan kepada mahasiswa baru yang memerlukan adaptasi terhadap lingkungan dan budaya yang ditempatinya. Wahana untuk memperkenalkan lingkungan baru tersebut dikenal dengan istilah Orientasi Pendidikan (ORDIK). Pada dasarnya ORDIK bertujuan untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru terhadap berbagai aspek kehidupan perguruan tinggi seperti peraturan akademik, sistem kurikulum, cara belajar di perguruan tinggi, etika mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan. Oleh karena itu ORDIK bagi mahasiswa baru merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai gerbang masuk menuju kehidupan kampus yang sebagai awal langkah pengenalan dan pengembangan budaya akademik.

 

Hari ini telah dilaksanakan Kegiatan Orientasi Pendidikan (ORDIK) mahasiswa/i baru Program Studi S1 Ilmu keperawatan dan D III Kebidanan STIKes Medistra Indonesia Tahun Akademik 2016/2017. Mahasiswa peserta Ordik adalah sebanyak 190 peserta dimana Prodi S1 Ilmu Keperawatan 118 peserta, 70 peserta Prodi D III Kebidanan dan 2 peserta semester III. Apel pembukaan Ordik mahasiswa/i dimulai pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2016 pukul 7.00 di Lapangan STIKes Medistra Indonesia yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa/I baru, Ketua Yayasan Medistra Indonesia, Staf Dosen dan panitia mahasiswa.

 

Pelepasan Balon oleh Ketua Yayasan Medistra Indonesia ( Bpk. Usman Ompusunggu, SE)

 

Pelaksanaan Ordik dilaksanakan selama 3 hari yakni 29 – 31 Agustus 2016 yang diisi dengan berbagai kegiatan dan acara yang sudah disosialisasikan. Tujuan Orientasi ini adalah sebagai upaya memperkenalkan kepada mahasiswa/I baru tentang hal – hal yang menyangkut proses pendidikan di STIKes Medistra Indonesia.Berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh panitia ORDIK diantaranya membuat yel-yel ORDIK, lagu ORDIK dan masih banyak kegiatan yang lain.

 

Penyematan Topi ORDIK dan Nama oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan ( Ibu Hainun Nisa, SST., M.Kes )

 

Orientasi Pendidikan secara sederhana dapat dikatakan memberikan arah termasuk bimbingan terhadap suatu proses studi yang ada di perguruan tinggi kepada mahasiswa baru. ORDIK pada hakekatnya pertama, merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggungjawab perguruan tinggi untuk mensosialisasikan kehidupan di perguruan tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur-unsur lain yang dipandang perlu. Kedua, ORDIK merupakan sarana bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan melakukan adaptasi dengan lingkungan dan budaya perguruan tinggi.

 

Semoga calon mahasiswa dan calon mahasiswi STIKes Medistra Indonesia tetap semangat dalam menjalankan ORDIK.